ingin cari uang di internet klik disini

Tuesday, September 16, 2014

Pengertian Komputer Akuntansi


Pengertian Komputer Akuntansi


Pengertian-Komputer-Akuntansi-300x214Semakin berkembangnya teknologi dalam dunia industri saat ini menyebabkan sebuah instansi dituntut untuk menggunakan teknologi sebagai penujang utama dari perkejaan instansi tersebut. sistem informasi akuntansi merupakan salah satu bidang teknologi informasi (TI) yang didukung dengan kemampuan dan penguasaan dalam bidang Akuntansi.
Pengertian sistem informasi akuntansi (SIA) itu sendiri adalah sebuah sistem informasi yang mempunyai metode dan prosedur untuk mengumpulkan mengklarifikasikan, mengoperasikan dan melaporkan informasi dalam sebuah bisnis. Lebih singkatnya SIA merupakan sistem informasi yang menangani semua tugas-tugas dari akuntansi.
SIA mempunyai fungsi penting dalam sebuah organisasi diantaranya adalah pertama untuk mengumpulkan dan menyimpan data tentang sebuah aktifitas dan juga transaksi, kedua memproses data menjadi sebuah informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan dan yang ketiga untuk melakukan asset diperusahaan secara tepat.


Pengertian Komputer Akuntansi

Komputerisasi akuntansi adalah sebuah sistem akuntansi dimana komputer sebagai teknologi untuk menjalankan aplikasi yang digunakan dalam mengolah transaksi akuntansi dan sekaligus untuk menghasilkan laporan keuangan dalam sebuah perusahaan.
Aplikasi Komputer Akuntansi
Banyak jenis-jenis aplikasi yang digunakan untuk akuntansi, disini saya akan menyebutkan beberapa aplikasi program/software akuntansi
  • KRISHAND
  • ACCURATE V3 Standard
  • K-Sistem Indonesia
  • SAGE ACCPAC ERP
  • MYOB Accounting
  • Microsoft Office Excel
  • DacEasy Accounting (DEA)
  • Payroll
  • Simply acconting
  • Peachtree
  • Zahir Accounting
  • Cash Register
  • NetLedger
  • LedgerPlus
Dari banyaknya aplikasi diatas MYOB Accounting merupakan salah satu software yang umum dan cukup populer digunakan di Indonesia. Software ini juga biasanya digunakan oleh sekolah untuk mengajar pelajaran sistem informasi akuntansi (SIA). Ada beberapa hal yang menjadikan lembaga pendidikan mengunakan MYOB Accounting
  1. User Friendly (mudah digunakan)
  2. Tingkat keamanan (security) yang cukup valid untuk setiap user
  3. Kemampuan explorasi, semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses eksport/impor file, yang merepotkan.
  4. Kemampuan trash back ke source document dan source transaksi
  5. Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasi
  6. Menampilkan laporan keuangan komparasi serta analisa laporan keuangan dalam bentuk grafik.
  7. Sudah teruji dibeberapa Negara maju dan berkembang lainnya.
MYOB terdapat tiga versi yang beredar di Indonesia yaitu MYOB basic, MYOB Accounting, MYOB Primer.
MYOB basic adalah varian MYOB yang paling sederhana dan paling murah. Penggunaanya tidak disarankan untuk perusahaan dengan transaksi yang rumit dan menginginkan laporan keuangan yang lengkap. Dalam MYOB basic, tidak ada modul Inventory, tidak ada modul Pembelian, kartu stock, laporan utang, dan tidak bisa send to excel secara otomatis.
MYOB Accounting yang saat ini beredar adalah MYOB versi 18. Satu perbedaan mencolok antara MYOB Basic dengan MYOB Accounting adalah, MYOB Accounting sudah dilengkapi denga fitur untuk melacak persediaan. Secara konsep akuntansi disebut sebagai catatan persediaan perpetual. Jadi setiap ada mutasi barang akan terlacak (barang masuk akibat pembelian atau retur penjualan, maupun barang keluar akibat penjualan atau retur pembelian).
MYOB Premier adalah varian MYOB dengan fitur terlengkap. Perbedaan utama antara MYOB Premier dengan MYOB Accounting adalah fasilitas MYOB premier untuk menangani transaksi multicurrency, fasilitas untuk melacak mutasi antar gudang, serta fasilitas multiuser.
Manfaat Komputer Akuntansi
Manfaat dan keuntungan dari komputerisasi akuntansi adalah
  1. Dapat menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
  2. Pencegah kekeliruan karena tingkat ketelitian dan fokus dari komputer lebih tinggi.
  3. Mengingkatkan efisiensi
  4. Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
  5. Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
  6. Menambah efisieansi kerja di bagian keuangan
  7. Meningkatkan sharing knowledge
sumber : http://www.golekilmu.com/

No comments:

Post a Comment